Siapa Menanam Dia Akan Menunai

Khutbah Jum,at 14 Maret 2014 di Masjid Fatahillah KP UB dengan tema “Siapa Menanam Dia Akan Menunai” . Khutbah ini disampaikan oleh Drs. HM Subky Hasby, M.Ag ¬†rangkuman khutbah sebagai berikut:

Al-Qur’an adalah kitab suci dan pedoman hidup kaum muslimin. Banyak sekali ajaran dan pelajaran tak ternilai dalam Al-Qur’an. Satu tema yang kita bisa dapatkan dari Al-Qur’an adalah barang siapa yang menanam sesuatu dia akan menunai hasil/akibatnya. Barangsiapa berbuat kebaikan ataupun kejahatan sekecil apapun, maka dia pasti akan menerima hasil perbuatannya, ini dinyatakan Allah dalam QS. Al-Zilzalah.

Balasan perbuatan tidak hanya berupa pahala dan surga atau dosa dan siksa diakhirat kelak, tetapi Allah mengisyaratkan dalam Qur’an bahwa konsekuensi perbuatan akan diterima dalam kehidupan di dunia. Siapa yang ¬†berbuat baik maka itu kembali kepada dirinya sendiri (Fushilat: 46) orang mukmin baik laki-laki ataupun perempuan, maka Allah akan memberikan kehidupan yang layak/baik/bahagiadi dunia (An-Nahl: 97). Banyak ayat lain menyatakan bahwa kebaikan apapun yang kita lakukan maka itu akan kembali dan berpengaruh dalam kehidupan kita, diantaranya: al-Baqarah: 272-273. al-Anfal: 60. Ali-Imron: 92. Dengan demikian kita harus menjaga dari dalam hidup ini dengan senantiasa beriman bertakwa kepada Allah SWT.