Untuk mencapai keberhasilan misi tersebut, PPA UB mengembangkan struktur organisasi yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, koordinator bagian pelayanan bimbingan ibadah, koordinator bagian pelayanan Pendidikan Agama Islam, koordinator pelayan kegiatan keagamaan Mahasiswa dan staf administrasi terdiri dari 4 orang.

WhatsApp Image 2018-09-05 at 08.40.30

Curriculum vitae masing-masing personil tersebut di atas dapat dilihat di Sumber Daya Manusia

Sesuai struktur  organisasi PPA UB menetapkan tugas  pokok  dan  fungsi masing-masing personil sebagai berikut:

1.  Ketua Pusat Pembinaan Agama  (Prof. Dr. Thohir Luth, MA.)

  1. Menetapkan dan memutuskan kebijakan umum dan strategis atas operasional seluruh aktifitas keagamaan di Universitas Brawijaya dan keuangan di PPA
  2. Bertanggung jawab secara uum atas pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan keagamaan di Universitas Brawijaya
  3. Melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi pada pelaksanaan kegiatan keagamaan dan kegiatan PPA
  4. Bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Brawijaya
  5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan LP3M terkait pelaksanaan kegiatan dan pertangungjawaban keuangan
  6. Memimpin dan melaksanakan pembagian tugas pokok dan fungsi kepada tenaga pendidik PPA
  7. Menyusun dan menetapkan program kerja PPA
  8. Memimpin penyelesaian masalah keagamaan dan permasalahan PPA
  9. Memimpin dan menunjuk pengelola keuangan (Bendahara) pada kegiatan PPA
  10. Memberi persetujuan atau penolakan atas pengeluaran uang oleh PMK sesuai dengan peraturan yang ada.

2. Sekretaris PPA ( Drs. Khusnul Fathony, M.Ag )

  1. Membantu ketua PPA mengkoordinir dan memantau pelaksanaan seluruh aktifitas keagamaan di Universitas Brawijaya dan PPA
  2. Bertanggung jawab secara umum atas pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan keagamaan di Universitas Brawijaya
  3. Membantu Ketua PPA mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Manasik Haji, BAZIZ,
  4. Bertanggung jawab kepada Ketua PPA
  5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan LP3M terkait laporan kinerja, ISO, dan administrasi PPA
  6. Berkoordinasi dengan Dosen PAI terkait penyusunan Buku Daras dan pembagian kegiatan keagamaan
  7. Membantu ketua PPA dalam memberikan pelayanan konsultasi keagamaan kepada keluarga UB dan masyarakat
  8. Menunjuk penangungjawab Website untuk media informasi dan kegiatan PPA
  9. Atas persetujuan Ketua PPA, Membantu memimpin rapat dan menghadiri undangan apabila ketua PPA berhalangan

3. TUGAS POKOK DAN FUNGSI TENAGA KEPENDIDIKAN PUSAT PEMBINAAN AGAMA (Mustakim)

         KBIH Universitas Brawijaya:

  1. Mencatat, Mengirim dan mengarsipkan surat‐menyurat PPA dan KBIH Universitas Brawijaya
  2. Menyiapkan berkas administrasi Jama’ah KBIH UB
  3. Menerbitkan buku panduan Manasik Haji
  4. Membantu Bendahara dalam mencatat dan menerima pembayaran KBIH Ub
  5. Menjadwal dan menyiapkan kegiatan Manasik Haji KBIH UB
  6. Bertanggungjawab atas administrasi calon jamaah haji dan pelaksanaan manasik

         WEBSITE PPA:

  1. Bertangung jawab atas publikasi, berita dan E‐Complain pada Website dan Instagram PPA

         BAZIZ UBPPA:

  1. Berkoordinasi dengan Prof. Dr. Agus Soeman, selaku ketua BAZIZ UB
  2. Mencatat, Mengirim dan mengarsipkan surat‐menyurat BAZIZ
  3. Membuat laporan keuangan penerimaan BAZIZ setiap bulan
  4. Mencatat dana ZIZ dan modal pinjaman secara rutin

4. TUGAS POKOK DAN FUNGSI TENAGA KEPENDIDIKAN PUSAT PEMBINAAN AGAMA (Teguh Ansori)

         PUMK (Bendahara):

  1. Berkoordinasi dengan Keuangan Pusat terkait anggran belanja PPA
  2. Menyusun perencanaan anggaran belanja PPA
  3. Melaporkan dan membuat SPJ setiap kegiatan PPA
  4. Membayarkan honorarium pada kegiatan PPA

         Takmir  Masjid Fatahillah Kantor Pusat:

  1. Mencatat dan mengarsipkan surat menyurat untuk Masjid KP
  2. Menerima dan membukukan uang kas masjid KP
  3. Menyiapkan kelengkapan sarana‐prasarana dan peribadatan dan kegiatan di masjid KP
  4. Menyusun jadwal Narasumber Kultum masjid KP

5.  TUGAS POKOK DAN FUNGSI TENAGA KEPENDIDIKAN PUSAT PEMBINAAN AGAMA (Wiji Asriani)

          KESEKRETARIATAN:

  1. Mencatat, Mengirim dan mengarsipkan surat‐menyurat PPA Universitas Brawijaya
  2. Berkoordinasi dengan LP3M terkait kesekretariatan dalam pelaksanaan kegiatan PPA
  3. Menyiapkan berkas administrasi Jama’ah KBIH UB, Daftar santunan Panti Asuhan, daftar penerima BAZIZ
  4. Menyiapkan perangkat kegiatan dan rapat personalia PPA dan Dosen PAI
  5. Menyusun daftar piket permintaan pembacaan doa dan rohaniwan pada kegiatan Universitas Brawijaya
  6. Menyiapkan presensi pada setiap kegiatan PPA
  7. Berkoordinasi dengan operator remunerasi LP3M terkait berkas Personalia PPA
  8. Mencatat dan mengarsipkan barang‐barang inventaris PPA

6.   TUGAS POKOK DAN FUNGSI TENAGA KEPENDIDIKAN PUSAT PEMBINAAN AGAMA (Nur Hidayat)

  1. Pengelola Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya