Profil Bazis

A. Selayang Pandang

Bahwa komitmen mensejahterakan umat bukan saja hanya menjadi tanggungjawab lembaga-lembaga sosial keagamaan, tetapi menjadi tanggungjawab kita semuanya termasuk lembaga perguruan tinggi. Hal tersebut merupakan implementasi Tridarma Perguruan Tinggi diantaranya Pengabdian Masyarakat. Disadari adanya potensi besar yang dimiliki oleh warga Universitas Brawijaya yang melakukan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh, diharapkan untuk menyalurkan sebagian melalui BAZIS UB.

Kelahiran BAZIS UB diperlukan untuk memberi pelayanan dalam menunjang kepedulian Universitas Brawijaya terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan termasuk di dalamnya memberdayakan umat baik material maupun spiritual. Dengan demikian kepedulian ini tidak lagi menjadi wacana yang bersifat retorik, tetapi menyentuh langsung dengan aspek kebutuhan terutama bagi keluarga besar Universitas Brawijaya yang perlu mendapatkan perhatian BAZIS.

Selanjutnya dalam pengolahannya, perlu dilakukan penanganan dan pelayanan yang lebih maksimal untuk membantu warga Universitas Brawijaya yang berhak. Oleh karena itu BAZIS UB akan mengatur secara transparan dan bertanggungjawab sebagai bagian dari amanah dan bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karenanya, BAZIS UB senantiasa terbuka menerima saran, kritik dan solusi dari semua pihak demi kemajuan BAZIS ke depan yang lebih baik dan mandiri.

B. Dasar Hukum

SK Rektor Universitas Brawijaya Nomor:170/SK/2010 tanggal 24 Mei 2010

C. Tugas Pokok

  1. Menggali potensi Zakat, Infaq dan Shodaqoh dari warga UB dan masyarakat di luar UB yang sudah berkewajiban mengeluarkan zakat.
  2. Mengelola dan meyalurkan kepada warga UB yang berhak menerimanya dan diluar UB, misalnya bencana alam dan musibah.

D. Tujuan

Memberdayakan keluarga besar UB dalam bidang materi, spiritual dan lain-lain sebagai bentuk kepedulian Lembaga Pendidikan Tinggi terhadap keluarganya.

E. Program

1. Jangka Pendek

  • Mensosialisasikan BAZIS kepada keluarga besar Universitas Brawijaya.
  • Mengharapkan kesediaan Pengurus BAZIS, Dosen Agama Islam, seluruh Pejabat Struktural, seluruh Guru Besar dan seluruh Civitas Akademika UB untuk menyisihkan sebagian ZIS yang dikeluarkan untuk disalurkan melalui BAZIS.

2. Jangka Panjang

BAZIS UB akan memberikan santunan dan pemberdayaan bagi terpenuhinya kebutuhan keluarga besar UB yang perlu mendapatkan perhatian.

3. Meningkatkan SDM keluarga besar UB dari Mustahiq (penerima bantuan) menjadi Muzzaki (pengeluar zakat)
4. Mendayagunakan hasil BAZIS kepada usaha-usaha produktif yang islami.

F. Sekretariat

Pusat Pembinaan Agama (PPA) Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang 65145 Telp. (0341) 551611/575777 Pesawat. 129, Fax. (0341) 565420

G. Rekening BAZIS

Rekening BAZIS UB : BNI 46 Cabang UB, No. Rek: 0163460199 atas nama Prof. Dr. Agus Suman, SE.,DEA.

Blanko Kesediaan BAZIS

Formulir Pinjaman BAZIS

Laporan Bulanan BAZIS