PPA UB adalah sebuah Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA) yang berada di Universitas Brawijaya yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab langsung kepada Rektor Universitas Brawijaya,

Sebelumnya PPA disebut LEPPA yang berdiri pada tanggal 14 Juli 1976 berdasarkan SK Rektor Universitas Brawijaya Nomor : 31/SK/1976 tanggal 14 Juli 1976 dengan nama Lembaga Pembina Pendidikan Agama (LEPPA) dengan sekretariat berada di lantai 1 Gedung Rektorat Kantor Pusat UB.

Kemudian Berdasarkan SK Rektor Universitas Brawijaya nomor : 016/SK/1999 tanggal 22 Pebruari 1999 dan Nomor : 127/SK/2006 tanggal 29 Agustus 2006 tentang Penyempurnaan Personil PPA, dan perubahan Lembaga Pembina Pendidikan Agama (LEPPA) menjadi Pusat Pembinaan Agama (PPA), di bawah pimpinan Prof. Dr. Thohir Luth, MA (Guru Besar Ilmu Hukum Islam dan Dosen Matakuliah PAI UB) hingga sampai dengan saat ini. Adapun sekretariat PPA mengalami perpindahan dari gedung Rektorat lama lantai 1 ke lantai 5 bergabung dengan Masjid Fatahillah Kantor Pusat UB

Sejak terjadinya estafet kepemimpinan, sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, PPA UB terus berbenah diri dan berupaya memberikan Pembinaan, Pengawasan, Pelayanan Pendidikan Agama Islam  &  Kerukunan Hidup Beragama bagi Civitas Akademika Universitas Brawijaya dan Masyarakat Umum; yang terbaik serta kepuasan kepada Pengguna Jasa Layanan khususnya Rektor dan pihak lain yang memerlukan Jasa PPA (Civitas Akademika Universitas Brawijaya, Masyarakat Umum, Organisasi, dll) sebagai pelanggan utama PPA UB, dengan cara yang benar serta memelihara kepercayaan dan kepuasan pengguna jasa PPA UB melalui pengembangan bertahap dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, relevan dan efisien, UB memerlukan suppoting syistem, khususnya Pusat Pembinaan Agama yang dikelola secara baik. Akselerasi peningkatan kemampuan Pusat pembinaan Agama telah dilakukan dalam periode 2 tahun terakhir, khususnya untuk memenuhi  kebutuhan proses manajemen PPA UB  dengan mengembangkan dan menerapkan ISO 9001:2008.

Program Pusat Pembinaan Agama UB adalah melanjutkan kegiatan tahun 2010 yang dsudah berjalan dan menyempurnakan pengelolannya. Sejalan dengan nafas pendidikan karakter bangsa dan sesuai dengan Mandat Utama Pusat Pembinaan Agama UB, maka program Pusat Pembinaan Agama difokuskan pada : Pembinaan Akhlaq dan Pendidikan Kepribadian.